Berikut 6 cara menjaga kesehatan Rambut Pria

Berikut 6 cara menjaga kesehatan Rambut – Perawatan rambut bukan cuma diperlukan oleh para wanita. Pria bahkan juga membutuhkan perawatan ini supaya rambutnya tetap sehat dan hitam alami. Tanpa perawatan yang ideal, banyak problem yang akan timbul pada rambut Anda. Mulai dari rambut terlalu kering, mudah rontok, malahan dapat mengalami kebotakan. Telah tahu apa saja perawatan rambut pria yang diperlukan? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Berikut 6 cara menjaga kesehatan Rambut

1. Jangan keramas setiap hari

Prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat adalah jangan terlalu sering kali keramas dengan sampo. Adat yang sering kali dilaksanakan pria adalah mencuci rambut terlalu sering kali dengan sampo, malahan banyak yang mencuci rambutnya dua kali sehari karena tak betah.

Meski, terlalu sering kali keramas dan membasahi rambut dapat membikin kulit kepala Anda menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Rambut dapat terasa gatal jadinya. Jadi, Anda dapat keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

2. Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok

Sekiranya Anda keluar beraktivitas dengan kondisi rambut yang basah, rambut jadi lebih mudah kusut. Karenanya itu, setelah mengaplikasikan sampo dan conditioner, keringkan rambut dengan lembut dengan metode menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut berminat dan rontok saat disisir.

Sebaiknya jangan pakai handuk untuk menggosok-gosok rambut Anda apabila berkeinginan cepat kering. Sebab, menggosok-gosok rambut yang masih basah justru merusak pada kutikula (lapisan terluar dari rambut).
Hindari juga terlalu sering kali pakai pengering rambut. Sebab, suhunya yang panas dapat membikin rambut dan kulit kepala jadi kering.

3. Gunakan conditioner juga

Soal conditioner, jangan asal pilih. Carilah conditioner yang mengandung protein dan mineral. Kandungan ini amat penting untuk menjaga kesehatan rambut pria dan membikin rambut jadi lebih mudah dikendalikan.

Menurut Oscar Blandi, seorang penata rambut terkemuka di New York, Amerika Serikat, conditioner bukan untuk rambut wanita saja, perawatan rambut pria juga perlu pelembut sekalian pelembap ini. Apalagi rambut pria lazimnya lebih pendek dan lebih mudah menipis. Conditioner amat penting untuk mengembalikan volume rambut pria.

Conditioner juga berfungsi sebagai penyeimbang sampo yang diaplikasikan. Salah satu efek pakai sampo adalah rambut jadi kering. Nah, conditioner berfungsi sebagai pelembabnya, melembapkan kulit kepala dan rambut, serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisinya.

Setelah Anda mengaplikasikan conditioner, jangan lantas dibilas, tunggu sebagian saat supaya kandungannya terserap dalam kulit kepala dan menguatkan folikel rambut.

4. Rutin otong rambut

Perawatan rambut pria yang satu ini jangan hingga terlewat. Potong rambut adalah satu-satunya metode cepat menghilangkan rambut rusak. Karenanya itu, potonglah rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

Sekiranya Anda sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut Anda secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujungnya untuk menghilangkan bagian yang rusak.

5. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan produk untuk rambut

Mengaplikasikan terlalu banyak produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering kali dan banyak justru membikin tampilan rambut Anda tak tampak alami.

Terlalu banyak produk yang diaplikasikan juga membikin rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan Anda sendiri apabila tak dikurangi.

Sebisa mungkin, kurangi produk rambut yang dapat Anda pakai saat memberesi atau menyisir rambut.

6. Observasi juga asupan makanan Anda

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Berikut ini sebagian zat gizi yang amat penting untuk kesehatan rambut Anda:

Protein

Protein dapat mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Protein memberikan daya pada akar rambut dan membikin rambut Anda tampak lebih cantik alami.

Protein dapat Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telor, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

Vitamin C

Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut, vitamin C jawabannya. Kurang vitamin C dapat membikin rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membikin Anda rentan kepada kerontokan rambut.

Buah yang mengandung vitamin C seumpama stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin C seumpama tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

Zat besi

Zat besi adalah penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut amat membutuhkan oksigen ini. Tanpa adanya zat besi yang cukup karenanya aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang. Sekiranya oksigen kurang, karenanya zat gizi yang hingga ke dalam folikel rambut juga tak maksimal.

Sumber zat besi dapat didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

Vitamin E

Vitamin E juga berperan penting dalam kesehatan rambut. Dikutip dari Healthline, vitamin E menolong mencegah kerontokan rambut, melancarkan peredaran aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tak mudah kering.

PRODUCT DISCLAIMER

Hasil yang didapatkan dari penggunaan produk yang ada di situs ini mungkin akan berbeda terhadap masing-masing pengguna. Semua pelanggan yang membeli produk melalui situs ini secara otomatis telah dianggap membaca dan menyetujui semua pernyataan penyangkalan serta bertanggung jawab penuh terhadap hasil apapun yang dialami atas penggunaan produk. Pelanggan dengan ini akan membebaskan Folti Baffi Indonesia dari tuntutan apapun atas kreugian yang ditanggung akibat penyalahgunaan produk, modifikasi produk, dan/atau hasil atas penggunaan produk.